Friday 19 October 2012

RPP PENJAS SD KLS 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Sekolah                       :   SD / MI .................................................................
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester          :   1 / I
Standar Kompetensi   :   1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
                                                sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang
                                                terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       :   1.1.  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat
                                                dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
                                                kejujuran, toleransi dan percaya diri.
Indikator                     :           Gerak dasar berjalan
-          berjalan ke depan dengan langkah pendek
-          berjalan dengan langkah panjang          
-          lomba balap sendok
Gerak dasar lari
-          lari ke depan
-          lari ke belakang
-          bermain kejar – kejaran.
Gerak dasar lompat dan loncat.
-          melompat ke depan
-          loncat – loncat
-          lompat ke samping dan berputar
-          lompat ke samping
-          lomba melompat
                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu            :           9  x 35 menit  (  x pertemuan  )

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat berjalan berbagai variasi yang dikemas dalam bentuk permainan atau modufikasi.

B.     Materi Pembelajaran
-           berjalan
-          Berlari
-          melompat
  1. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
-          tanya jawab
D.    Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1.      Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti ;
Gerak dasar berjalan
-          berjalan ke depan dengan langkah pendek
-          berjalan dengan langkah panjang          
-          lomba balap sendok
Penutup
-          Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
2.       Pertemuan  ke dua
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan mencari pasangan.
Inti :
Gerak dasar lari
-          lari ke depan
-          lari ke belakang
-          bermain kejar – kejaran.
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar         
3.      Pertemuan  ke tiga
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti
Gerak dasar lompat dan loncat.
-          melompat ke depan
-          loncat – loncat
-          lompat ke samping dan berputar
-          lompat ke samping
-          lomba melompat
Penutup
-          Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
-          Buku KTSP Penjasorkes kls. 1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  2, 3, 4, 5, 6,7,8,9,10

E.     Penilaian
1.       Teknik Penilaian
                 Tes unjuk kerja :
-          berjalan
-          berlari
-          melompat                      
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.
2.       Rublik Penilaian


RUBLIK PENILAIAN
                              UNJUK KERJA GERAK DASAR
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Berjalan




 2
Berlari




 3
Melompat











                         Jumlah


                       Mengetahui                                                  Guru Penjasorkes
                     Kepala Sekolah



               -----------------------------                                         ------------------------------
                    Nip.                                                                  Nip.

Uji kompetensi halaman 15, 16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / I
Standar Kompetensi :           1 .   Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
                                                      sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang
                                                      terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar     :           1.2. Mempraktikkan gerak dasar  memutar, mengayun
                                                       ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta
                                                       nilai sportivitas, kejujuran, kerja sama, toleransi dan
                                                       percaya diri.
Indikator                    :           Gerak dasar
-  memutar
-  mengayun
-  menekuk
Alokasi Waktu           :           3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

        A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerak dasar :
-          memutar, mengayun dan menekuk dengan berbagai variasi yang dikemas dalam bentuk permainan dan modufikas
B.     Materi Pembelajaran
-          gerak dasar memutar
-          gerak dasar mengayun
-          gerak dasar menekuk
C.    Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          Tanya jawab
D.    Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1.      Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi, pemanasan  unsur permaianan.
Inti ;
                                                Melakukan gerakan  dasar memutar :
-          Leher
-          Panggul
-          Lengan
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.

E.     Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 Penerbit Erlangga halaman : 11, 12.
F.     Penilaian
1.       Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                                            Gerakan :
-          Memutar
-          Mengayun
-          Menekuk
 Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan     gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.

2.      Rublik Penilaian
-          atletik

                   RUBLIK PENILAIAN
                                          UNJUK KERJA GERAK DASAR LARI

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Gerak dasar memutar




 2
Gerak dasar mengayun




 3
Gerak dasar menekuk




 4
Kerja sama





                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah



               ………………….                                     .....................................
            Nip.                                                             Nip.




 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------=


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester         :           1 / 1
Standar Kompetensi   :           1 . Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
                                                      sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang
                                                      terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar      :           1.3. Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan
                                                       sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai
                                                       sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya
                                                       diri.  
Indikator                     :           Melakukan gerak dasar melempar
-          Melempar bola datar.
-          Melempar bola membusur
-          Menggulirkan bola
Melakukan gerak dasar menangkap bola
-          menangkap bola datar
-          menangkap bola membusur
-          menangkap bola bergulir           
-          kombinasi lempar tangkap
                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak  lempar tangkap                                                         serta gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu            :           4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
          Siswa dapat melakukan lempat tangkap secara individu, berpasangan
          maupun kelompok dalam bentuk permainan dan modufikasi.                                                                            
           B. Materi Pembelajaran
a.. melakukan lempar bola kecil
b. menangkap bola kecil
            C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
            D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

                                                1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
                                               Melakukan gerak dasar melempar  tangkap
-          Melempar bola datar.
-          Melempar bola membusur
-          Menggulirkan bola
-          Lempar sasaran
Penutup
-          Pendinginan yang mengandung unsur permainan ( duduk melingkar sambil bernyanyi ), berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
                                              2. Pertemuan  ke dua
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
Melakukan gerak dasar menangkap bola
-          menangkap bola datar
-          menangkap bola membusur
-          menangkap bola bergulir           
-          kombinasi lempar tangkap.
Penutup
-          berbaris membuat lingkaran kecil,
-          anak duduk melakukan pendinginan dengan mendengar beberkan cerita dari guru.
-          Berdo’a dan bubar.
         E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  13, 14.


E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerakan :
-          melompat tanpa alat
-          melompat dengan alat
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.

         2. Rublik Penilaian
                  - atletik
                                RUBLIK PENILAIAN               
                  UNJUK KERJA GERAK DASAR MELOMPAT
                       Aspek yang dinilai
            Kualitas Gerak
     1
    2
   3
    4
1. melempar bola kecil
2. menangkap bola kecil
3. kerja sama




                                         Jumlah


                  Mengetahui                                                Guru Penjasorkes
            Kepala  sekolah



      ……………………….                                   ………………………….
       Nip.                                                                Nip.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester         :           1 / I
Standar Kompetensi   :           2.    Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi.
Kompetensi Dasar      :           2.1. Mendemontrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri.
Indikator                     :           Mendemontrasikan sikap :
-          berdiri rileks
-          berdiri sikap siap
-          berdiri sikap istirahat
                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu            :          3 x 35 menit (  1  x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran                                                                                                        
       Siswa dapat melakukan sikap tubuh yang benar dalam posisi berdiri yang dilakukan dalam bentuk permainan dan modufikasi gerak.
           B. Materi Pembelajaran
                        Sikap tubuh dalam posisi berdiri yang berfariatif :
-          berdiri rileks
-          berdiri sikap siap
-          berdiri sikap istirahat.
            C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
-          Tanya jawab
            D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                                                 Pendahuluan:
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan



Inti ;
-          Mendemontrasikan sikap tubuh saat berdiri :
-          berdiri rileks
-          berdiri sikap siap
-          berdiri sikap istirahat
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
         E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  18
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
                  2 .Rublik Penilaian           

RUBLIK PENILAIAN
                    UNJUK KERJA GERAK DASAR  BERPUTAR

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1

 Sikap tubuh dalam posisi berdiri





                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                               Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah



               ………………….                                                            .....................................
               Nip.                                                           Nip.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                  :               SD …………….
Mata Pelajaran      :               Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester    :               1 / I
Standar Kompetensi             :               2.    Mendomontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi. 
Kompetensi Dasar                :               2.2.  Mendemontrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan.                  
Indikator                               :               Melakukan sikap tubuh posisi berjalan :
-          berjalan ke depan dengan langkah biasa
-          berjalan ke depan dengan langkah tegak
Sikap tubuh dalam posisi duduk
-          duduk di kursi yang benar          
                                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu      :               3  x 35 menit ( 1 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran                                                                                                       
       Siswa dapat mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam posisi : berjalan, berbaring dan duduk.
             B.  Materi Pembelajaran
                         Sikap tubuh yang benar dalam posisi : berjalan, berbaring dan duduk.
                C.  Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          Tanya jawab
              D.  Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

                        1. pertemuan pertama
Pendahuluan :
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan.
Inti :
-          Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
                                                     Menjelaskan cara melakukan  sikap :
-          berjalan ke depan dengan langkah biasa
-          berjalan ke depan dengan langkah tegap
Penutup :
-          anak tetap membentuk lingkaran dan duduk bersila, mendengarkan cerita guru ( pendinginan ),avaluasi, do’a dan bubar
                        2. Pertemuan ke dua
Pendahuluan;
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan

Inti:
Sikap tubuh dalam posisi berbaring
-          berbaring telentang
-          berbaring miring
Sikap tubuh dalam posisi duduk
-          duduk di kursi yang benar
Penutup.
-          anak membentuk lingkaran kecil, duduk bersila dan mendengarkan cerita guru ( pendinginan ), tugas dan evaluasi pembelajaran.
-          Anak berdiri, berdo’a dan bubar

            E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  19, 20, 21.

E. Penilaian
            1.  Teknik Penilaian
                  - teknik unjuk kerja
                 Sikap tubuh :
                                      -  posisi berjalan
                                      -  berbaring dan duduk

                        2 .Rublik Penilaian 
RUBLIK PENILAIAN
                      UNJUK KERJA GERAK DASAR  MENGAYUN
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
  Sikap tubuh posisi berjalan




 2
 Sikap tubuh posisi berbaring




 3
  Sikap tubuh posisi duduk





                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal


                        Mengetahui                                                                                    Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah

                 ………………….                                                                                   ....................................
                 Nip                                                                                                          Nip.

Uji kompetensi halaman  22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD / MI …………………………………………
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / I
Standar Kompetensi :           3.    Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan
                                                       Nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           3.1  Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat,
                                                       serta nilai percaya diri dan disiplin.        
Indikator                    :           Melakukan gerakan  :
-          berdiri satu kaki
-          berdiri tegak
-          bangau berdiri
-          permainan keseimbangan
                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu           :          6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

      A. Tujuan Pembelajaran                                                                                                       
           Siswa dapat melakukan gerakan  split yang berfariasi sesuai kemampuan.

                   B. Materi Pembelajaran
                   Gerakan  :

                       
                  C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan



            D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

                                      1. pertemuan pertama
Pendahuluan :
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan.
Inti :
-          berdiri satu kaki
-          berdiri tegak
Penutup :
-          anak tetap membentuk lingkaran dan duduk bersila, mendengarkan cerita guru ( pendinginan ),avaluasi, do’a dan bubar
                                        2. Pertemuan ke dua
Pendahuluan;
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
-          bangau berdiri
-          permainan keseimbangan
         E. Sumber Belajar
-          buku Penjasorkes kls.1 Penerbit Erlangga
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
             






                 
                  2 .Rublik Penilaian           


RUBLIK PENILAIAN
                                 UNJUK KERJA GERAK DASAR  SENAM

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4


  berdiri satu kaki
    berdiri tegak
    bangau berdiri
   permainan keseimbangan






                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                                   Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah



           --------------------------------                                  -------------------------------
           Nip.                                                                   Nip.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / I
Standar Kompetensi :           3.    Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan
                                                         nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           3.2.   Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa
                                                         alat, serta nilai percaya diri dan disiplin.
                                                       
Indikator                    :   Melakukan gerakan  dasar :
-          Berdiri satu kaki
-          Berjalan di atas garis
                                                  -     Berjalan tutup mata
Alokasi Waktu           :              2 x 35 menit (  1  x pertemuan )
A.    Tujuan Pembelajaran
                      Siswa dapat melakukan gerakan  keseimbangan dengan sikap yang                                       variatif
B.  Materi Pembelajaran                    
-          Berdiri satu kaki
-          Berjalan di atas garis
-          Berjalan tutup mata 
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-           Menyiapkan lepangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi, pemanasan mengandung unsur menyenangkan.

Inti ;
-          Berdiri satu kaki
-          Berjalan di atas garis
                                                   -    Berjalan tutup mata.
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
         E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  27, 28.
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerakan :
                                -  keseimbangan
                  2 .Rublik Penilaian           
RUBLIK PENILAIAN
                    UNJUK KERJA GERAK DASAR  MELEMPAR
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
  Gerakan :
 Berdiri satu kaki




 2
Berjalan di atas garis




 3
Berjalan tutup mata





                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal

                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

               ………………….                                     .....................................
                Nip.                                                             Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / I
Standar Kompetensi :           4.    Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama
                                                       dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           4.1.  Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa  
                                                        menggunakan musik dan nilai disiplin dan kejasama
                                                       
Indikator                    :             Melakukan gerakan
-          menirukan gerak binatang
-          menirukan gerak pohon
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan. )

A.    Tujuan Pembelajaran
              Siswa dapat melakukan gerak bebas berirama dengan aba – aba  sendiri
               atau teman.

B.  Materi Pembelajaran
:             Melakukan gerakan
-          menirukan gerak binatang
-          menirukan gerak pohon

 C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan


D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
-          menirukan gerak binatang
-          menirukan gerak pohon
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
            E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  32, 33.
E. Penilaian
            1.  Teknik Penilaian
                  - teknik unjuk kerja
                 Gerakan :
                                      -  gerak berirama tanpa musik

                                                            2 .Rublik Penilaian 
    RUBLIK PENILAIAN
                UNJUK KERJA GERAK DASAR  BERIRAMA TANPA MUSIK

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
  Gerak dasar berirama tanpa musik




                        jumlah
                         Jumlah skor maksimal


                        Mengetahui                                                                  Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah




                 ………………….                                                            .....................................
                Nip.                                                                     Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah                 :      SD …………….
Mata Pelajaran  :      Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester :       1 / I
Standar Kompetensi          :      4.    Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama
                                                                  dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar             :      4.2.  Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan
                                                                   musik dan nilai disiplin dan kejasama
Indikator                              :    Melakukan gerak bebas  bebas berirama dengan musik /
                                                     bernyanyi bersama :
-          langkah satu ke depan
-          langkah satu ke balakang
-          langkah  di lingkaran.
Alokasi Waktu    :    2 x 35 menit ( 1  x pertemuan )

      A.  Tujuan Pembelajaran
                                  Siswa dapat melakukan gerakan  gerak dan irama yang bervariasi

                        B.   Materi Pembelajaran
-          langkah satu ke depan
-          langkah satu ke belakang
-          langkah di lingkaran
                        C.   Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
            D.Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
-          langkah satu ke depan
-          langkah satu ke belakang
-          langkah di lingkaran
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar           

                        E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  34, 35.
        E. Penilaian
                1.  Teknik Penilaian
                    - teknik unjuk kerja
                       Gerakan :
                                      -  langkah satu berirama
                           2 .Rublik Penilaian
                                                                  -  permainan
RUBLIK PENILAIAN
              UNJUK KERJA GERAK DASAR BERIRAMA DENGAN MUSIK

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
  Langkah satu depan




 2
 Langkah satu belakang




 3
Langkah dilingkaran





                               jumlah

                         Jumlah skor maksimal


                        Mengetahui                                                                  Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah



                 ………………….                                     .....................................
                   Nip.                                                                               Nip.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran  :               Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester :               1 / I
Standar Kompetensi          :               5.    Menerapkan budaya hidup sehat.  
Kompetensi Dasar             :               5. 1.Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit.
Indikator                              :                  Kebersihan kuku :
-          Cara memotong kuku yang benar
-          Alat pemotong kuku
Kebersihan kulit :
-          Cara mandi yang benar
-          Cara mengobati luka ringan
Alokasi Waktu    :     2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

                        A.Tujuan Pembelajaran
                                Siswa dapat melakukan kebersihan kuku dan kulit dalam kehidupan
                                Sehari – hari.

                        B.  Materi Pembelajaran
                          a.    Menjaga kebersihan kuku              
  b.    Menjaga kebersihan kulit

                        C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          Tanya jawab
                        D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          Masuk kelas , berdo’a, presensi, apersepsi  tanya jawab.
Inti ;
Menjaga kebersihan kuku
-          Cara memotong kuku
-          Alat  pemotong kuku
Menjaga kebersihan kulit
-          Cara mandi yang benar
-          Cara mengobati luka ringan.

            E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru  Penerbit Erlangga halaman  38, 39, 40, 41.
E. Penilaian
            1.  Teknik Penilaian
                  - teknik unjuk kerja
                                    Menjaga kebersihan kuku
                                            Menjaga kebersihan kulit

                                                                                2 .Rublik Penilaian

RUBLIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR PENGUATAN OTOT LENGAN

no
                     Aspek yang dinilai

1. Soal tulis maupun memberikan cek pada gambar ( lihat buku erlangga kelas 1 )
2. Demontrasi tentang cara mengobati luka ringan
                 

                        Mengetahui                                                                  Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah


                 ………………….                                                                   .....................................
              Nip                                                                                              Nip.








          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :            1 / I
Standar Kompetensi :            5.    Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar     :           5.2. Mengenal pentingnya imunisasi.                   
Indikator                    :           Imunisasi :
-          fungsi imunisasi
-          bahayanya bila tidak imunisasi
-          menjaga kesehatan.
Alokasi Waktu           :      6 x 35 menit (  2 x pertemuan )
                  A. Tujuan Pembelajaran
                        Siswa dapat menyebutkan manfaat imunisasi, efek bila tidak imunisasi.
                  B.  Materi Pembelajaran
-          penjelasan tentang manfaat dan efek iminisasi serta manfaat kesehatan bagi tubuh.
                  C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          Tanya jawab
                  D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                          Pertemuan  1
Pendahuluan
-          Masuk kelas, berdo’a, presensi, apersepsi
Inti ;
Menjelaskan :
Imunisasi :
-          Fungsi / manfaat imunisasi
-          Efek negatif bila tidak imunisasi
Penutup
-          Tanya jawab, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran

                  Pertemuan  2        
Pendahuluan
-          Masuk kelas, berdo’a, presensi, apersepsi
Inti ;
Menjelaskan :
Imunisasi :
-          Manfaat menjaga kesehatan
Penutup
-          Tanya jawab, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran
         E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oelh Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  42, 43, 44, 45, 46.
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerakan :
                                -  keseimbangan statis dan dinamis
                  2 .Rublik Penilaian           
RUBLIK PENILAIAN
UNJUK KERJA  BUDAYA HIDUP SEHAT

no
                     Aspek yang dinilai
  Keterangan   
lihat uji kopetensi di buku penjasorkes kl. 1, penerbit erlangga  
 1
Soal tertulis dengan memberi tanda cek pada gambar yang benar
 2
Praktik cara mengobati luka lecet ringan
                         Jumlah
                  Mengetahui                                                Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

        ………………………..                                       ………………………
      RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / 2
Standar Kompetensi :           6.   Mempraktikkan latihan dasar  ke dalam aktivitas
                                                      Jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           6.1. Mempratikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat
                                                        ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam
                                                        permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran
                                                        tanggung jawab dan toleransi.                      
Indikator                    :              Melakukan gerak dasar jalan :
-          jalan di tempat
-          berjalan keberbagai arah
-          melatih keseimbangan.
Melakukan gerak dasar lari :
-          lari di tempat
-          lari pelan - pelan
-          lari ke berbagai arah
-          lari berbelok - belok
-          lari memindahkan bola.
-          permainan elang dan anak ayam.
Melakukan gerak dasar lompat :
-          lompat tali
-          lompat rintangan
-          lompat meraih balon
-          lompat rintangan dalam lingkaran
-          lompat tali
-          lompat melewati rintangan
-          lompat meraih balon.
                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu           :      9 x 35 menit ( 3  x pertemuan )
                  A. Tujuan Pembelajaran
                        Siswa dpat melakukan :
                          a. Bentuk latihan gerak dasar jalan dalam bentuk permainan
  b. Bentuk latihan gerak dasar lari dalam bentuk permainan
  c. Bentuk latihan gerak dasar lompat dalam bentuk permainan

                  B.  Materi Pembelajaran
                          Gerak dasar atletik jalan, lari dan lompat yang modufikasi dalam bentuk
                          permainan dan perlombaan.
                  C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
                  D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                                            1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
      dengan permaian mencari pasangan.
Inti ;
                                                 Melakukan gerak dasar jalan :
-          jalan di tempat
-          berjalan keberbagai arah
-          melatih keseimbangan.
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
                                          2. Pertemuan  ke dua
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan

Inti :
Melakukan gerak dasar lari :
-          lari di tempat
-          lari pelan - pelan
-          lari ke berbagai arah
-          lari berbelok - belok
-          lari memindahkan bola.
-          permainan elang dan anak ayam.
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar
3. Pertemuan ke tiga
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
Melakukan gerak dasar lompat :
-          lompat tali
-          lompat rintangan
-          lompat meraih balon
-          lompat rintangan dalam lingkaran
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar
         E. Sumber Belajar
-          Buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 51, 52,53, 54, 55






E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerak dasar atletik
              -  jalan, lari dan lompat
                             

                                                         2 .Rublik Penilaian        

RUBLIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR JALAN, LARI DAN LOMPAT

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Mempraktikkan gerakan jalan




 2
Mempraktikkan gerakan lari




 3
Mempraktikkan garakan lompat




 4
Tertulis dengan memberi cek pada gambar yang benar
Lihat uji kompetensi di buku Penjasorkes kelas I( Erlangga hal.64)
                         Jumlah


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah


         ………………………..                                     ………………………
         Nip.                                                                    Nip.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester         :           1 / I
Standar Kompetensi   :           6.    Mempraktikkan latihan dasar  ke dalam aktivitas
                                                        Jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar      :            6.2  Mempraktikkan  gerak dasar memutar, mengayun,
                                                        menekuk dalam permainan sederhana dan nilai kerja
                                                        sama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab
Indikator                 :           Gerak dasar mengayun
-          mengayun lengan
-          mengayun badan di palang tunggal.                                 
                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu            :     3 x 35 menit (  1 x pertemuan )
                  A. Tujuan Pembelajaran             
                                         Siswa dapat melakukan :
                                                   Gerakan memutar, mengayun dan menkuk dalam
                                                    bentuk permainan / perlombaan.

       B.  Materi Pembelajaran                                              
          Gerak dasar mengayun
-                 mengayun lengan
         -            mengayun badan di palang tunggal.         
                  C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan


                  D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                                                1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
:                                                  Melakukan gerakan memutar :
-          loncat – loncat putar ke kanan
-          loncat – loncat putar ke kiri
-          memutar panggul
-          ( dilakukan dalam bentuk permainan )
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
         E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  60, 61
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerakan :
                                -  memutar, mengayun dan menekuk
                                                     2 .Rublik Penilaian
RUBLIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR MEMUTAR, MENGAYUN, MENEKUK
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
memutar




 2
menekuk




 3
koordinasi





                         Jumlah

                  Mengetahui                                               Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah


          ………………………..                                                  ………………………
         Nip.                                                                   Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / 2
Standar Kompetensi :           6.    Mempraktikkan latihan dasar  ke dalam aktivitas
                                                        Jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar     :           6.3  Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek
                                                       berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan
                                                       kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab.              
Indikator                    :      Melakukan gerakan :
-          lempar  dan menangkap balon
-          lempar bola besar dari plistik
-          lempar tangkap bola dari bawah
-          lempar tangkap bola dari atas
                                                Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu           :      6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

                  A. Tujuan Pembelajaran           
                             Siswa dapat menangkap bola / benda lain dari berbagai ukuran
                             dengan berbagai fariasi  arah dan gerak serta melakukan gerakan
                             individu, berpasangan maupun beregu, sedangkan alat bisa disesuaikan.

       B.  Materi Pembelajaran
                                     Menangkap obyek / benda  ringan dari beberapa ukuran

                  C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan

                  D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                                    Pertemuan 1
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
:                                              Melakukan gerakan :
-          lempar  dan menangkap balon
-          lempar bola besar dari plistik
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.

Pertemuan ke 2
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
:                                              Melakukan gerakan :
-          lempar  dan menangkap balon
-          lempar bola besar dari plistik
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
         E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls 1 oleh Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 62, 63.
E. Penilaian
         1.  Teknik Penilaian
               - teknik unjuk kerja
              Gerakan :
                                -  menangkap beberapa jenis dan ukuran bola


                  2 .Rublik Penilaian           

RUBLIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR MENANGKAP

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Menangkap bola besar




 2
Menangkap bola kecil




 4

Kerjasama

                         Jumlah



                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah




           ………………………..                                   ………………………
           Nip.                                                                  Nip.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                 :       SD …………….
Mata Pelajaran  :       Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester :       1/ 2
Standar Kompetensi          :       7     Membiasakan penampilan tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi Dasar             :      7.1. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam  
Indikator                              :               Melakukan gerakan
                                                                   -    sikap siap
-          sikap  istirahat
-          sikap hormat
-          sikap lencang depan
-          sikap lencang kanan
                                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu    :               2 x 35 menit ( 1  x pertemuan )

 A. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat melakukan beberapa bentuk gerakan  dalam posisi diam di tempat ( statis )
 B. Materi Pembelajaran
                                        Sikap tubuh dalam posisi diam.

 C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan

 D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
                                               

Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
Melakukan beberapa sikap yang berunsusr kedisiplinan barisan / PBB
   -    sikap siap
-          sikap  istirahat di tempat
-          sikap hormat saat pelaksanaan upacara
-          sikap lencang depan
-          sikap lencang kanan.
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh Abdi Guru  Penerbit Erlangga halaman  66
F. Penilaian
                        1.Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                                                                Gerakan statis
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.

                        2.Rublik Penilaian

       RUBLIK PENILAIAN
                                        UNJUK KERJA  GERAKAN STATIS

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Sikap istirahat




 2
Sikap hormat




 3
Sikap lencang kanan dan depan




 4
Kedisilinan




                         Jumlah

                        Mengetahui                                                                  Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah



                 ………………….                                                            .....................................
                 Nip.                                                                                 Nip.

             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                 :    SD …………….
Mata Pelajaran  :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester :     1 / 2
Standar Kompetensi          :     7.    Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai
                                                                 posisi.
Kompetensi Dasar             :    7.2.  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi
                                                                 bergerak / dinamis .
Indikator                              :               Melakukan gerakan
-          Jalan di tempat
-          Jalan ke depan
-          Langkah ke samping
                                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu    :               2 x 35 menit ( 1  x pertemuan )

 A. Tujuan Pembelajaran
  Siswa dapat melakukan beberapa gerakan / sikap tubuh dalam pisisi bergerak
                                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                                gerakan secara individu, berpasangan.
 B. Materi Pembelajaran
                                        Sikap tubuh dalam posisi bergerak.
-          Jalan di tempat.
-          Jalan ke depan
-          Jalan ke samping
 C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
 D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
-          Jalan di tempat.
-          Jalan ke depan
-          Jalan ke samping
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar
 E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  67.
 F. Penilaian
                        1.Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                                                                Sikap dinamis
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.

                        2.Rublik Penilaian
-  sikap dinamis

RUBLIK PENILAIAN
                              UNJUK KERJA GERAK  DINAMIS

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Gerakan jalan di tempat




 2
Gerakan jalan ke depan




 3

Gerakan langkah ke samping.




                         Jumlah


                        Mengetahui                                                                  Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah



                 ………………….                                                               .....................................
              Nip.                                                                                        Nip.



                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / 2
Standar Kompetensi :           8.    Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan
                                                       nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           8.1. Memprktikkan gerak senam sederhana, serta
                                                       nilai percaya diri dan disiplin
Indikator                    :           Melakukan :
-          Gerakan memutar tangan
-          Gerakan lompat di tempat
-          Gerakan memutar badan
Alokasi Waktu           :           3 x 35 menit ( 1  x pertemuan )

 A. Tujuan Pembelajaran
 . Siswa dapat menjelaskan dan mempraktikkan  beberapa senam dasar baik gerak statis maupun dinamis di lantai maupun di matras.

 B. Materi Pembelajaran
                               -   Melakukan gerak senam dasar
-          Gerakan memutar tangan
-          Gerakan lompat di tempat
-          Gerakan memutar badan
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
-          Tanya jawab

 D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-      berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
-          Gerakan memutar tangan
-          Gerakan lompat di tempat
-          Gerakan memutar badan
Penutup
-          Pendinginan dalam bentuk permainan, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a
   E Sumber belajar
-          buku KTSP  Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 70, 71.
F. Penilaian
                  1. Teknik Penilaian
-          Tes pratik
                  2 .Rublik Penilaian
                  - praktik senam dasa
  RUBLIK PENILAIAN DASAR SENAM
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Gerak dasar memutar




 2
 Gerak dasar melompat




                         Jumlah


                    Mengetahui                                            Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

               ………………….                                     .....................................
               Nip.                                                           Nip

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :           1 / 2
Standar Kompetensi :           8.    Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan
                                                       nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :           8.2.  Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan
                                                        dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar
                                                        serta nilai disiplin.
Indikator                    :           Melakukan  gerakan  peregangan dan pelemasan :
-          Leher, bahu, dada, lengan, kaki
-          persendian pinggang.
Alokasi Waktu           :           3 x 35 menit ( 1  x pertemuan )

 A. Tujuan Pembelajaran
Siswa melakukan bebrapa peregangan dan pelemasan pada bagian – bagian tubuh.
 B. Materi Pembelajaran
                                       -   Melakukan gerakan peregangan dan pelemasan pada :
-          persrdian leher, bahu, dad, lengan dan kaki, pinggang
 C. Metode Pembelajaran
-          ceramah                         
-          penugasan
-          demontrasi

 D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

  1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-     berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
Peregangan:  sendi leher, bahu, dada, lengan, kaki dalam permainan.                                            
Penutup
-          Pendinginan yang bersifat permainan statis, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, bubar

 E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  72, 73, 74
 F. Penilaian
                  1. Teknik Penilaian
                            -  Tes pratek
                  2 .Rublik Penilaian
                                  -   peregangan dan pelemasan
       RUBLIK PENILAIAN
                                              PEREGANGAN DAN PELEMASAN

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1

Peregangan pada :
Bagian atas ( leher, bahu dan dada )
Bagian bawah ( kaki )








                         Jumlah


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah


               ………………….                                     .....................................
               Nip.                                                           Nip.       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester         :           1 / 2
Standar Kompetensi   :           9.     Menampilkan peresaan melalui musik dan gerak
                                                        berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar      :           9.1.  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan
                                                        dengan arah mengikuti bunyi – bunyian secara
                                                        individu, serta nilai estetika.
Indikator                     :           Melakukan latihan :
gerak dasar berirama individu
-          Gerak dan lagu
-          Langkah satu
Alokasi Waktu            :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan ).

A.     Tujuan Pembelajaran
                  Siswa dapat melakukan latihan gerak dan lagu, menuangkan imajinasi 
                  yang diekpresikan dalam gerakan.
 B. Materi Pembelajaran
                       Gerak dasar berirama secara individu
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

Pendahuluan
-          pemanasan dalam bentuk permainan, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
Melakukan gerak dan lagu secara individu
-          menyanyikan topi saya bundar ( bisa berfariatif gerak dan kata )
-          jalan sambil bernyanyi sesuai irama
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 78
F. Penilaian
                                          1. Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                                            Latihan  :
-           Gerak dan lagu individu
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu.
  2. Rublik Penilaian
      -  gerak berirama
            RUBLIK PENILAIAN
                                     UNJUK KERJA GERAK BERIRAMA
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Ketepatan gerak




 2

Penghayatan lagu / irama




                         Jumlah

                                                                                              
                  Mengetahui                                               Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah


               ………………….                                                    .....................................
              Nip.                                                                    Nip.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :           SD …………….
Mata Pelajaran          :           Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester         :           1 / 2
Standar Kompetensi   :           9.    Menampilkan peresaan melalui musik dan gerak
                                                        berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar      :           9.2.  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan
                                                        Dengan arah menggunakan bunyi – bunyian secara
                                                        Berpasangan / kelompok kecil, serta nilai estetika.
Indikator                     :           Melakukan latihan gerak :
-          Jalan berirama 
-          Langkah satu 
Alokasi Waktu            :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
 A. Tujuan Pembelajaran
  Siswa dapat melakukan latihan  gerak  berirama secara beregu dan bersama –   sama teman sekelas, sesuai lagu / irama.
 B. Materi Pembelajaran
                   Melakukan gerak bebas berirama berpasangan / beregu.
-          Jalan berirama 
-          Langkah satu 
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti ;
                                                  Melakukan gerak bebas berirama berpasangan / beregu.
-          Jalan berirama  secara berpasangan dengan menyesuaikan dan menghayati laghu / musik
-          Langkah satu  secara berpasangan / beregu/ menyesuaikan lagu/ irama./ musik / nyanyian secara mersama.
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP  Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  79
F. Penilaian
                                          1. Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
-           Gerak dasar berirama berpasangan
  2. Rublik Penilaian
       -  gerak berirama berpasangan

            RUBLIK PENILAIAN
                             UNJUK KERJA GERAK DASAR KELENTUKAN

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Jalan berirama berpasangan




 2
3.
Langkah satu berirama secara beregu
Kerja sama




                         Jumlah

                                                                                              

                  Mengetahui                                               Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah




               ………………….                                       .....................................
               NIP.                                                           NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :   SD …………….
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :   1 / 2
Standar Kompetensi :   10.    Mempraktikkan dasar – dasar pengenalan air dan nilai
                                                 Yang terkandung di dalamnya * )
Kompetensi Dasar     :   10.1  Mempraktikkan aktivitas dasar di air
Indikator                    :   Melakukan :
-          duduk di pinggir kolam dangkal
-          Meloncat – loncat di air dangkal
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mengenal dan  melakukan gerakan  dasar di air dangkal

b.Siswa bergerak berbagai variasi di air dangkal yang dikemas dalam bentuk permainan atau modufikasi.

B.  Materi Pembelajaran
                 -  Melakukan aktivitas di air dangkal.
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan


Inti
Melakukan  :
-          duduk di pinggir kolam dangkal
-          Meloncat – loncat di air dangkal
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1  oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  82, 83
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                          Aktivitas di air
                                    2.  Rublik Penilaian
                                             -  aktivitas di air
RUBLIK PENILAIAN
                              UNJUK KERJA AKTIVITAS DI AIR

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Loncat – loncat di air




 2
3
Keberanian
kelincahan




                         Jumlah


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

               ………………….                                     .....................................
              Nip.                                                            Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                            :      SD …………….
Mata Pelajaran               :      Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester              :      2 / 2: 
Standar Kompetensi        :   10.    Mempraktikkan dasar – dasar pengenalan air dan nilai
                                                      Yang terkandung di dalamnya * )

Kompetensi Dasar         :      10.2 Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana
                                                      berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh
                                                      dari suatu titik ke titik yang lain dengan kontrol yg baik   
Indikator                     :           melakukan :
-          injak – injak air
-          Berjalan di dalam air
Alokasi Waktu            :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan aktivitas dasar di air.

B.     Materi Pembelajaran
                              Melakukan:
-          injak – injak air
-          berjalan di air
-          berenang
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan

D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran  
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan yang berunsur permainan menyenangkan .
Inti
Melakukan :
-          injak – injak air
-          berjalan di air
Penutup
-          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 84, 85.
F. Penilaian
                      1. Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                          Aktivitas di air                                                                              
                            2.  Rublik Penilaian
                                             -  aktivitas di air
   RUBLIK PENILAIAN
                                UNJUK KERJA  AKTIVITAS DI AIR

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1





 2
Rangkaian guling depan




                         Jumlah


                  Mengetahui                                               Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah


               ………………….                                                       .....................................
              Nip.                                                            Nip.


                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :    SD …………….
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :     1 / 2
Standar Kompetensi :    11.     Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui
                                                   aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :    11.1.  Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah
                                                   secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan
                                                   kebersihan lingkungan.
Indikator                    :           Melakukan :
-          keliling sekolah
-          Jalan beregu
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
A.  Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat melakukan  kegiatan pengelan lingkungan sekolah secara kelompok.
B.  Materi Pembelajan.
                  Pengenalan lingkungan sekolah
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          Tanya jawab
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1.Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
   Melakukan kegiatan :
-          keliling sekolah
-          Jalan beregu

Penutup
-          berbaris membuat lingkaran kecil,
-          anak duduk melakukan pendinginan dengan mendengar beberkan cerita dari guru.
-          Berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  88, 89
F. Penilaian
1 Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                          Pengenalan lingkungan sekolah
                                    2.  Rublik Penilaian
     RUBLIK PENILAIAN
                UNJUK KERJA  PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Pengenalan sekolah berpasangan :
Keaktifan penemuan
Kerja sama




 2
 3
 4
Pengenalan sekolah kelompok
Kedisiplinan
Kerjasama




                         Jumlah


                  Mengetahui                                                                    Guru Penjasorkes
                   Kepala Sekolah

                 ………………….                                                                 .....................................
              Nip                                                                                             Nip.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :    SD …………….
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :    1 / 2
Standar Kompetensi :    11.   Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui
                                                  aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar     :     11.2 Mempraktikkan  berbagai aktivitas jasmani yang
                                                  menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin
                                                  kerja sama dan pola hidup sehat.                 
Indikator                    :           Melakukan :
-          Bermaian di halaman sekolah
-          Lompat tali
Alokasi Waktu           :           3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ).
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa melakukan aktivitas jasmani yang menyenangkan dilingkungan sekolah
dalam bentuk perlombaan.
B.  Materi Pembelajaran
                                          Melakukan :
-          keliling sekolah
-          Jalan beregu
C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan

D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
-          berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan

Inti
Melakukan beberapa perlombaan :
-          Bermaian di halaman sekolah
-          Lompat tali
Penutup
-          berbaris membuat lingkaran kecil,
-          anak duduk melakukan pendinginan dengan mendengar beberkan cerita dari guru.
-          Berdo’a dan bubar.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP  Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 90, 91.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
-          Tes unjuk kerja
                                    2.  Rublik Penilaian
                                                 Praktik
RUBLIK PENILAIAN
                                  UNJUK KERJA PERLOMBAAN
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Ketelitian gerak




 2
3.
kreatif
kelincahan




                         Jumlah


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

               ………………….                                     .....................................
              NIP                                                             NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran                :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             :     1 / 2
Standar Kompetensi :    :   11.  Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui
                                                    aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar           :   11.3.  Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman
                                                        yang baik.
Indikator                          :        -     makanan yang bersih/ layak
-          Minuman yang dianjurkan
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1  x pertemuan ).
A.  Tujuan Pembelajaran
                                    Siswa menunjukkan dan menyebutkan makanan minuman
                                    yang sehat.

     B.  Materi Pembelajaran
                             Manfaat makanan dan minuman bagi tubuh

            C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          penugasan
-          Tanya jawab
   D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-  berdo’a, presensi, apersepsi, penjelasan
Inti
Menjelaskan :
-          Jenis makan yang diburuhkan tubuh
-          Manfaat makanan
-          Manfaat minuman
-          Akhibat kekurangan makan
-          Akhibat kekurangan minum

Penutup
-          Tanya jawab
-          Tugas
-          Berdo’a dan bubar.
                                           
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru  Penerbit Erlangga halaman 99
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
-          Tertulis

2.      Rublik Penilaian
          Manfaat makanan dan minuman
RUBLIK PENILAIAN
                                   UNJUK KERJA  TES TULIS

no
                     Aspek yang dinilai

 1

 Berilah tanda cek gambar di samping yang    benar no 1  s/d 5

                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah

               ………………….                                     .....................................
             Nip                                                          
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                                                       
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :     1 / 2
Standar Kompetensi :    12.     Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar     :    12.1.  Menjaga kebersihan gigi dan mulut                    
Indikator                    :             Melakukan  kebiasaan :
-          Menjaga kebersihan gigi
-          Menyikat gigi
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1 x pertemuan ).
A.Tujuan Pembelajaran
     Siswa membiasakan hidup sehat

            B. Materi Pembelajaran
         Kebersihan mulut
-          Menjaga kebersihan gigi
-          Menyikat gigi
            C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          Tanya jawab
   D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berdo’a, presensi, apersepsi dan penjelasan
Inti
Menjelaskan tentang :
-          menjaga dan memelihara kebersihan gigi
-          cara dan saat menyikat gigi
Penutup
-          Evaluasi, tugas dan istirahat
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP  Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman 94, 95, 96, 97, 98

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
 Tertulis
2.      Rublik Penilaian
Kebersihan gigi dan mulut
      RUBLIK PENILAIAN
                        UNJUK  KERJA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT

no
                     Aspek yang dinilai

 1


  Berilah tanda cek pada jawaban yang benar no.1  s/d 5 ( lihat halaman 102  )
 
                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah




               ………………….                                     .....................................
                Nip.                                                           Nip.

                                                                       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester        :    1 / 2
Standar Kompetensi :    12.    Mempraktikkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar     :    12.2. Mengenal makanan sehat
Indikator                    :  Menjelaskan :
-          Ciri – ciri makan sehat
-          Memilih makan saat  jajan
-          Makan yang tidak tertutup
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1  x pertemuan )
A.  Tujuan Pembelajaran
    -  Siswa mengenal makan sehat

            B. Materi Pembelajaran
-          Ciri – ciri makan sehat
-          Memilih makan saat jajan
-          Makan yang tidak tertutup        
            C. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          penugasan
-          Tanya jawab
   D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          berdo’a, presensi, apersepsi dan penjelasa
Inti
Menjelaskan :
-          Ciri – ciri makan sehat
-          Memilih makan saat  jajan
-          Makan yang tidak tertutup        
Penutup
-           Tanya jawab
-          Pemberian tugas.
E. Sumber Belajar
-          buku KTSP  Penjasorkes kls.1 oleh tim Abdi Guru  Penerbit Erlangga halaman 99, 100, 101
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
-          Tes tertulis
                                          Mengenal makan sehat
2.      Rublik Penilaian 
     RUBLIK PENILAIAN
                        UNJUK KERJA MENGENAL MAKANAN SEHAT

no
                     Aspek yang dinilai

 1

 Berilah  tanda cek jawaban yang benar pada ganbar di sebelah halaman 102

                         Jumlah skor maksimal


                  Mengetahui                                              Guru Penjasorkes
                Kepala Sekolah



               ………………….                                     .....................................
               NIP.                                                          NIP.





No comments: