Tuesday 8 February 2011

BERKENALAN DENGAN STATISTIK

1. ARTI DAN KEGUNAAN DATA
            Menurut webster’s New Dictionari, data berarti sesuatu yang diketahui atau dianggap. Dengan demikian data dapat  memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan.data tentang sesuatu pada umumnya dikaitkan dengan tempat dan waktu, penyebutan tempat dan waktu ini sangat penting , sebab selain data itu akan berubah-ubah dari waktu ke waktu, data juga berbeda menurut tempat.
            Kegunaan data pada dasarnya adalah untuk membuat keputusan oleh para pembuat keputusan (decision makers). Pihak yang mengambil keputusan disebut decision makers.namun dalam prakteknya, yang dimaksud sebagai decision makers biasanya adalah pimpinan. Data dapat berguna , bila dikaitkan dengan masalah manajemen, sebagai:
a.       dasar atau perencanaan, agar perencanaan  sesuai dengan kemampuan yang ada, sehingga dapat mencegah perencanaan yang ambisius dan susah di laksanakan. Kemampuan yang dimaksud ialah kemampuan personil, kemampuan pembiayaan (keuangan), serta kemampuan material
b.      alat pengendalian terhadap pelaksanaan atau implementasi perencanaan tersebut agar bisa diketahui dengan segera, kesalahan atau penyimpangan yang terjadi sehingga dapat segera dilakukan perbaikan atau koreksi.
c.       Dasar evaluasi hasil kerja akhir,  apakah hasil kerja yang telah ditargetkan bisa tercapai 100%,90% atau kurang dari itu?apabila target tidak tercapai, faktor-faktor apa yang menyebabkannya? Semua itu memerlukan data.

Kebutuhan terhadap statistik
a.      menjabarkan dan memahami suatu hubungan.
Jumlah data kuantitatif yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan kepada umum serta pengambil keputusan dalam suatu organisasi untuk tujuan tertentu telah meningkat dengan sangat cepat. Oleh karena itu diperlukan suatu kemampuan untuk menyaring jumlah yang begitu besar agar kita dapat mengidentifikasikan dan menjabarkan hubungan antar variabel yang kadang-kadang terselubung,tetapi sering kali sangat penting dalam mengambil keputusan.
b.      mengambil keputusan yang lebih baik
c.       menangani perubahan


1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih atas informasi menarik