Monday 29 October 2012

SOAL UH PENJASKES KELAS 6 SD


MATA PELAJARAN : Penjaskes
KELAS : (Enam)

NAMA :
Nilai :



A. Pilihlah salah satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!

1. Permainan softball berasal dari negara ....
a. Brazil
b. Amerika
c. German
d. Yunani

2. Nama induk organisasi olahraga softball di Indonesia adalah ....
a. PERCASI
b. PERBASASI
c. PBSI
d. PSSI

3. Jumlah pemain dalam permainan sotball terdiri dari ....
a. 10 orang
b. 9 orang
c. 11 orang
d. 6 orang

4. Di bawah ini beberapa perlengkapan yang dipakai dalam permainan softball, kecuali....
a. sarung tangan
b. bola
c. pemukul
d. peluit

5. Seorang pitcher harus mempunyai ketangkasan dan wawasan jalannya permainan karena ....
a. harus menghadapi lawan yang tangguh
b. harus bisa mengatur kapan waktu bertahan atau menyerang
c. peraturan permainan softball rumit
d. dibebani harus menang dalam pertandingan

6. Dibawah ini termasuk teknik melempar bola dalam permainan softball, kecuali ....
a.  teknik lemparan ayunan atas
b.  teknik lemparan bawah
c.  teknik lemparan ayunan samping
d.  teknik lemparan ayunan belakang

7. Dibawah ini salah satu teknik menangkap bola dalam permainan softball ....
a. teknik ayunan samping
b. teknik bola yang melambung
c. teknik ayunan belakang
d. teknik ayunan bawah

8. Pemain yang bertugas melambungkan bola dinamakan ....
a. batter
b. piccher
c. catcher
d. planer

9. Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan oleh pemain yang akan memukul bola, yaitu...
a. mengenal lawan
b. cara memegang bat
c. mengetahui posisi lawan
d. mengetahui posisi home base

10. Dibawah ini beberapa teknik menangkap bola (catcher), kecuali...
a. teknik menangkap bola yang bergulir di tanah
b. teknik bola yang melambung
c. teknik bola lurus
d. teknik bola bergulir ke atas

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Seorang pemain softball harus mempunyai kemampuan ....dan....
2. Lapangan softball berbentuk....dengan ukuran sisinya....
3. teknik menangkap bola yang bergulir di tanah disebut....
4. Pelempar bola didalam permainan softball disebut....
5. Teknik  memukul bola dengan ayunan disebut pula ...

Kunci jawaban bagian A

1. b
2. b
3. b
4. d
5. b
6. d
7. d
8. b
9. b
10. d

Kunci jawaban bagian B

1. ketangkasan dan kecerdikan
2. segi empat
3. ground-ball
4. pitcher
5. swing

SOAL UAS PENJASKES SD

UJAN AKHIR SEKOLAH ( UAS )
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
TERTULIS
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Hari, Tanggal           :  ….April 2011
Alokasi Waktu        :  90 menit ( 07.30 – 09.00 )
Jumlah Soal            :  50 butir
Bentuk Soal            :  Pilihan Ganda
PETUNJUK UMUM
1.    Pakailah tinta warna hitam /biru untuk mengerjakan  soal.
2.    Tulislah lebih dulu nomor US mu pda kolom yang tersedia di lembar jawaban.
3.    Periksalah dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
4.    Laporkan pada pengawas US kalau terdapat terdapat tulisan yang kurang jelas.
5.    Dahulukan soal-saol yang kamu anggap mudah.
6.    Apabila ada jawaban yang kamu anggap salah dan kamu ingin memperbaikinya, coretlah dengan garis lurus mendatar pada jawaban yang salah, kemudian beri tanda silang ( X ) pada huruf yang kamu anggap benar.
Contoh    :  Pilihan Umum         a    b    c    d
:  Pilihan  dibetulkan        a    b    c    d
7.    Setelah selesai dan ada waktu, periksalah kembali pekerjaanmu sebelum kamu menyerahkan kepada pengawas US.
Pend.Jasmani dan kesehatan / UAS
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat, dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia  !
1.    Bentuk lapangan kasti adalah ….
a.    segi tiga
b.    segi empat
c.    segi lima
d.    segi enam
2.    Berlari, melompat, meloncat dan melempar adalah gerakan yang sering dilakukan dalam dasar olahraga ….
a.    senam
b.    beladiri
c.    voli
d.    atletik
3.    Supaya halaman rumah selalu bersih harus di ….
a.    sapu
b.    siram
c.    biarkan
d.    gosok
4.    Plastik termasuk sampah jenis ….
a.    organik
b.    basah
c.    anorganik
d.    kering
5.    Dalam olah raga lompat tali berguna untuk ….
a.    menguatkan otot – otot kaki dan tangan
b.    mengencangkan otot – otot perut
c.    menguatkan otot – otot punggung
d.    melenturkan otot – otot paha
6.    Arti pemenasan dalam senam lantai berguna untuk ….
a.    kesegaran badan
b.    kesegaran rohani
c.    menguatkan otot – otot tubuh
d.    melenturkan otot – otot tubuh
7.    Berikut ini yang termasuk perlengkapan utama dalam berkemah adalah …
a.    tenda, pasak dan tali
b.    buku, penggaris dan pencil
c.    meja, kursi dan tali
d.    sayur – sayuran dan perlengkapan memasak
8.    Nama lain dari virus flu burung adalah ….
a.    influensa
b.    H5N1
c.    H2N2
d.    H1N2
9.    Lapangan rounders berbentuk segi lima beraturan, dengan panjang sisi masing – masing ….
a.    8 m
b.    10 m
c.    12 m
d.    15 m
10.    Dalam pertandingan sepak bola, pelanggaran hans ball adalah ….
a.    bola terkena kepala
b.    bola terkena perut
c.    bola terkena tangan
d.    bola terkena paha
1
Pend.Jasmani dan kesehatan / UAS
11.    Tujuan dari senam dasar adalah untuk ….
a.    mengecilkan betis
b.    membentuk keindahan jasmani
c.    menggemukan badan
d.    melatih kesabaran
12.    Berikut ini yang termasuk alat yang digunakan untuk senam ketangkasan adalah….
a.    tali / pita
b.    peti lompat
c.    meja
d.    tongkat
13.    Setelah tangan menumpu matras, bagian badan yang selanjutnya menyentuh matras pada gerakan roll depan adalah ….
a.    dahi
b.    tengkuk
c.    kepala
d.    punggung
14.    Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pada alat reproduksi kita….
a.    dengan cara makan – makanan empat sehat lima sempurna
b.    banayak makan – makanan yang serba instan
c.    dengan mengonsumsi supleman
d.    berolahraga setiap hari
15.    Lompat jauh bertolak dengan menggunakan kaki ….
a.    dua
b.    satu
c.    yang paling kuat
d.    kiri
16.    Sikap awal pada saat melakukan sit up adalah ….
a.    tangan di leher
b.    duduk selunjur
c.    tidur terlentang
d.    membungkukkan badan
17.    Tahapan gerakan yang sering dilakukan dalam olahraga dimulai adalah ….
a.    gerakan loncat-loncat
b.    gerakan pemanasan
c.    gerakan inti
d.    gerakan pemanasan dan gerakan inti
18.    Pada renang gaya punggung gerakan kaki dilakukan secara bergantian dengan sumber gerakan pada ….
a.    lutut
b.    pangkal
c.    tungkai
d.    perut
19.    Salah satu tujuan kegiatan penjelajahan adalah ….
a.    untuk mendapatkan pujian dari guru
b.    untuk mendapat hadiah
c.    untuk memupuk rasa percaya diri dan mengembangkan rasa kreatifitas
d.    agar mendapat nilai raport yang tinggi
20.    Racun pada rokok yang menyebabkan pengapuran pada paru-paru adalah ….
a.    karbon monoksida
b.    karbon dioksida
c.    nikotin
d.    tar
21.    Salah satu peralatan tenis meja yang biasa digunakan untuk memukul bola disebut ….
a.    net atau jaring
b.    bola
c.    meja
d.    bet
2
Pend.Jasmani dan kesehatan / UAS
22.    Jumlah pemain dalam satu regu pada permainan bola basket adalah ….
a.    5 orang
b.    6 orang
c.    7 orang
d.    8 orang
23.    Tolak peluru merupakan salah satu cabang atletik yang termasuk dalam nomor ….
a.    lari
b.    lempar
c.    lompat
d.    renang
24.    dalam melakukan joging atau lari santai, sikap badan yang benar adalah ….
a.    tegak
b.    bungkuk
c.    condong ke belakang
d.    lenggak – lenggok
25.    Pada saat akan melakukan latihan mencium lutut, kedua tangan memegang ….
a.    mata kaki
b.    lutut
c.    lantai
d.    perut
26.    Salah satu latihan yang dapat menguatkan otot tangan adalah ….
a.    stan up
b.    sit up
c.    pull up
d.    push up
27.    Tujuan dari pemanasan adalah ….
a.    untuk melatih kecepatan
b.    untuk melatih keseimbangan
c.    unntuk menghindari cidera disaat olah raga
d.    untuk melatih kekuatan
28.    Berdiri dengan sikap tubuh membentuk kapal terbang termasuk latihan ….
a.    kekuatan
b.    keseimbangan
c.    ketahanan
d.    kelenturan
29.    Dalam olah raga senam, berdiri menggunakan kedua tangan dinamakan ….
a.    hanstand
b.    hans ball
c.    stand up
d.    push up
30.    Irama yang dapat digunakan untuk mengiringi senam irama meliputi berikut ini kecuali ….
a.    tepukan tangan
b.    sruling
c.    lagu
d.    bunyi peluit
31.    senam masal adalah ….
a.    senam yang dilakukan satu orang
b.    senam yang dilakukan di matras
c.    senam yang dilakukan bersama – sama
d.    senam yang dilakukan di lapangan terbuka
32.    narkobaa kependekan dari ….
a.    narkotika dan obat – obatan terlarang
b.    narkotika dan bahaya
c.    narkotika berbahaya
d.    rokok berbahaya
33.    narkoba mengakibatkan ….
a.    kepintaran
b.    kesenangan
c.    kecanduan dan merusak kesehatan
d.    kepuasan
3
Pend.Jasmani dan kesehatan / UAS
34.    cara menghindari diri dari narkoba adalah ….
a.    bergaul dengan pengedar narkoba
b.    mencarinya
c.    bergaul secara sehat
d.    bergaul dengan orang yang tidak benar atau preman
35.    ciri – ciri kecanduan narkoba adalah ….
a.    sering merasa haus
b.    badan menjadi bugar
c.    timbul depresi
d.    nafsu makan meningkat
36.    jumlah satu regunya dalam permainan bola voli mini adalah ….
a.    4 orang
b.    5 orang
c.    6 orang
d.    7 orang
37.    Rotasi dalam permainan bola voli berputar secara ….
a.    bergerak maju mundur
b.    bergerak dengan bebas
c.    berlawanan arah jarum jam
d.    bergerak searah jarum jam
38.    Dalam permainan bulu tangkis, alat – alat yang kita gunakan sebagai berikut kecuali ….
a.    tiang net
b.    bola (shutt lecock) dan raket
c.    bulu
d.    lapangan
39.    Pukulan dalam bulu tangks yang bolanya melambung tinggi dan jatuh dibelakang disebut ….
a.    pukulan smash
b.    pukulan lob
c.    pukulan drop shot
d.    pukulan net
40.    Sebelum melakukan olah raga diawali dengan ….
a.    pemanasan
b.    permainan
c.    istirahat dahulu
d.    bercanda
41.    Alas yang biasa digunakan dalam senam lantai adalah ….
a.    pita
b.    bola
c.    peti loncat
d.    matras
42.    Nama lain dari gaya dada adalah ….
a.    gaya punggung
b.    gaya bebas
c.    gaya katak
d.    gaya kupu – kupu
43.    Gerakan meluncur, posisi kedua lengan sampai ke betis harus ….
a.    tegak
b.    ditekuk
c.    diangkat
d.    lurus
44.    Cara bernapas ketika berenang gaya dada adalah….
a.    mengambil napas melalui mulut, kemudian dikeluarkan melalui hidung
b.    mengambil naps didalam air
c.    menghirup udara didalam air
d.    membawa kantung plastik untuk bernapas
45.    Tujuan melakukan kegiatan luar sekolah adalah….
a.    menambah pengalaman
b.    mengisi watu luang
c.    sesuai dengan tuntutan kurikulum
d.    agar mendapat nilai yang baik
4
Pend.Jasmani dan kesehatan / UAS
46.    Dalam pramuka, persami biasa diartikan ….
a.    kegiatan makan – makan disekolah
b.    belajar kelompok disekolah
c.    kegiatan sekolah dilakukan pada sabtu-minggu
d.    jalan – jalan dilingkungan sekolah
47.    Contoh kegiatan yang biasa dilakukan di alam terbuka adalah….
a.    berenang
b.    berkemah
c.    berbelanja
d.    bersepeda
48.    Orang yang tidak bisa berhenti memakai narkoba disebut….
a.    kebiasaan
b.    kenikmatan
c.    pelecehan
d.    kecanduan
49.    Korban pelecehan seksual biasanya mengalami….
a.    rasa senang
b.    rasa malas
c.    trauma yang sangat berat
d.    perasaan biasa – biasa saja
50.    Pelecehan seksual dapat dihindari dengan cara ….
a.    berpakaian seksi
b.    berpakaian rapi dan sopan
c.    berpakaian menor
d.    berpakaian menarik perhatian
5
KUNCI JAWABAN
UAS PENJASKES 2010 – 2011
1.    B        11.    B        21.    D        31.    C        41.    D
2.    D        12.    B        22.    A        32.    A        42.    C
3.    A        13.    B        23.    B        33.    C        43.    D
4.    C        14.    A        24.    A        34.    C        44.    A
5.    A        15.    B        25.    A        35.    C        45.    A
6.    D        16.    B        26.    D        36.    A        46.    C
7.    A        17.    D        27.    C        37.    D        47.    B
8.    B        18.    A        28.    B        38.    C        48.    D
9.    D        19.    C        29.    A        39.    B        49.    C
10.    C        20.    C        30.    C        40.    A        50.    B

Saturday 27 October 2012

MAKALAH BOLA TANGAN

KATA PENGANTAR



Assalamu’alaikum wr. wb

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam semoga senantiasa selalu tercurah kepada uswah hasanah kita yang telah menyampaikan risalah kebenaran dan telah membawa kita dari zaman kegelapan ( jahiliyah ) menuju zaman yang terang benderang yang penuh dengan petunjuk ( dinul islam ) beserta keluarga, sahabat serta kita yang insyaallah selalu melaksanakan sunnahnya.

Terima kasih penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah andil dalam proses penyusunan makalah ini, sehingga makalah ini dapat segera disajikan tanpa halangan yang berarti.

Penyusun optimis makalah ini dapat membantu dan dapat dengan mudah untuk di jadikan bahan pembelajaran bagi semua kalangan pembaca terlebih yang ingin memperdalam mengenai jenis olah raga khususnya kategori tangan.

Dengan diambil dari berbagai sumber. Alhamdulilah makalah ini dapat segera disajikan dan penulis mempunyai orientasi makalah ini akan bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan kita tentang dunia olah raga.

Sekian, semoga makalah ini dapat meberikan jawaban terhadap pertanyaan seputar permasalahan permainan Bola Tangan.

Wassalamu’alaikum wr. wb.







Majalengka, April 2009







PENULIS


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.................................................................................... i

DAFTAR ISI.................................................................................................. ii

PEMBAHASAN BOLA TANGAN

1. Sejarah Bola Tangan

A. Masa Yunani Kuno......................................................................... 1

B. Perintis Bolatangan.......................................................................... 2

C. Pelopor Federasi Bolatangan........................................................... 2

D. Sejarah Bolatangan Olimpiade......................................................... 3

2. Peraturan Bola Tangan

A. Cara Bermain Bolatangan................................................................ 3

B. Gambar Lapangan Bolatangan......................................................... 4

C. Pemain........................................................................................... 5

3. Jenis Tembakan dalam Permainan Bolatangan

1. Center Shoot................................................................................... 5

2. Center Shoot When Running............................................................ 6

3. Center Shoot Hip Height.................................................................. 6

4. Flying Shoot.................................................................................... 6

5. Flying Shoot When Running............................................................ 7

6. Dive Shoot...................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 8





BOLATANGAN



1. SEJARAH BOLATANGAN

A. MASA YUNANI KUNO

Permainan bola tangan dapat ditelusuri sejarahnya. Pada zaman Yunani Kuno permainan bolatangan sudah dimainkan walaupun dengan peraturan yang masih kuno. Permaianan ”Urania” yang dimainkan oleh orang-orang Yunani kuno (yang digambarkan oleh Homer dan Odyssey) dan ”harpaston” yang dimainkan oleh orang-orang Romawi yang bernama Claudius Galenus tahun 130 sampai 200 Masehi.

Di Jerman peramainan bola tangan dikenal dengan ”Fangballspiel” ayau permainan ”tangkap bola” yang diperkenal kan dalam ebuah lagu oleh penulis puisi Jerman bernama Walther von der Vgelweide. (1170-1230). Di Perancis seorang bernama Rabeilas (1494-1533) menggambarkan permainan bolatangan dengan; ”mereka bermain bolatangan dengan menggunakan telapak tangan mereka”.

Pada tahun 1793 masyarakat yang hidup di dataran hijau menggambarkan dan membuat ilustrasi dengan menggunakan bolatangan. Pada tahun 1484 seorang administrator olahraga Denmark mengijinkan permainan bolatangan agar dimainkan di sekolah lanjutan di Ortup Denmark dan mendorong untuk segera menyertakan atura dalam bolatangan. Bola tangan adalah olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepakbola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki. Lapangan bola tangan berukuran 40 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit, Penalti dilakukan dari jarak 7 meter.

B. Perintis bolatangan Lapangan Moderen

Bolatangan modern dimainkan pada abad 19 dimainkan di kota Danish di bagian Nyborg, Denmark pada tahun 1897. yang mempelopori bolatangan sesungguhnya adalah tiga negara yaitu Denmark, Jerman dan Swedia namun pendiri bolatangan justru pakar pendidikan jasmani yang memidahkan bolatangan lapangan pada pergantian abad yang berdasar dua bentuk permainan ’Raffbal”(bola tangkap) dan ”Königsbergerball”.

Di Swedia Wallström juga memperkenalkan permainan bolatangan dinegaranya pada tahun 1910.Pada tahun 1912 seorang kebangsaan Jerman Hirschman mencoba menyebarkan bolatangan lapangan untuk pertama kali. Tahun 1919 seorang guru olahraga di Berlin, Karl Scelenz memperkenalkan bentuk permainan bolatangan dilapangan besar (outdoor) di beberapa negara Eropa. Kemudian ia mengembangkan peraturan-peratuaran bolatangan uyang hingga saat ini dikenal sebagai salaha satu pendiri bolatangan lapangan.Pada tahun 1926, dalam sebuah pertemuan di kota Hague, Kongres Federasi Atletik Amatir Intermnasional, mengusulkan pada peserta kongres untuk menyusun peraturan Internasional dari bolatangan lapangan.

C. Pelopor Federasi Bolatangan Internasional

Pada tahun 1928 International Amateur Handball Federation (IAHF) bertepatan dengan Olimpiade Amsterdam dengan Ketua Avery Brundage dari Amerika. Setelah tahun 1938 untuk pertama kali diselenggarakan Kejuaraan Dunia Bolatangan di Jerman.Akhirnya pada tahun 1946 atas usulan dan undangan Denmark dan Swedia delapan negara mendeklarasikan Federasi Bolatangan International atau International Handball Federation (IHF). Delapan negara tersebut adalah denmark, Finlandia, Perancis, Belanda, Norwegia, Polandia, Swiss, Swedia. Sampai tahun 2003 IHF memiliki jumlah peserta sebanyak 150 peserta negara dengan 80.000 klub dan 19 juta atlet putra maupun putri.

D. Sejarah Bolatangan dalam Olimpiade

Pada tahun 1938 di Olimpiade Berlin untuk pertama kali bolatangan di ikutsertakan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan hingga Olimpiade yang terakhir diselenggarakan di Athena, yunani.Di Olimpiade terakhir tahun 2004 di athena diadakan penyambutan kecil untuk merayakan 28 tahun berlangsungnya Olimpiade dan ke ikut sertaan ke-10 bagi olahraga bola tangan. Bola tangan pada Olimpiade ini dipertandingkan di dua tempat yaitu di Olympic Sport Center disaksikan oleh 80.000 suporter dan Helinikon Olympic Complex disaksikan oleh 14.000 suporter.

2. PERATURAN BOLATANGAN

A. Cara bermain Bolatangan

Permainan ini dimainkan oleh pemain yang berjumlah 6 orang dan satu penjaga gawang. Objek dari permainan ini adalah melempar bola sampai masuk menjadi gol di gawang lawan. Bolatangan dimainkan di lapangan sepanjang 40 meter dan lebar 20 meter. Saat berlangsung permainan, pemein setiap tim adalah 6 orang dan satu penjaga gawang dengan waktu main 2x30 menit untuk putra dan 2 x 20 menit untuk pitri, berat bola tangan 425 – 475 gr, dan diameter bola tangan 5558 -60 cm.

Pinalti Terjadi Karena Pelanggaran pertama seorang pemain mendapat peringatan dari wasit dengan melayangkan kartu kuning Pelanggaran kedua sebuah penangguhan waktu selama 2 menit yang akan diberikan kepada pemain. Selama waktu itu sebuah tim bermain tanpa satu pemain. Pemain memungkinkan kembali bermain hanya setelah selesai waktu penangguhan dan masuk ke dalam daerah pergantian pemain.

Jalannya Permainan pemain terdiri dari 2 tim masing-masing terdiri 7 orang, 6 sebagai pemain 1 sebagai penjaga gawang. Dimulai di tengah lapangan untuk jumpball, cara melempar bola dengan passing, dribbling dengan 3 langkah, cara memasukkan bola dengan Shooting dari garis luar setengah lingkaran depan gawang.

Teknik-Teknik Yang Digunakan

a. Dribbling: dribbling lurus, dribbling silang.

b. Passing: lemparan atas setinggi bahu, lemparan sisi, lemparan lompat,

lemparan bawah, lemparan tolak.

c. Shooting: tembakan tengah, tembakan pinggang, tembakan melayang.



B. Gambar Lapangan Boatangan

1. Keterangan gambar

a. Garis batas lemparan

hukuman.

b. Titik hukuman 14

meter.

c. Garis batas lemparan

gawang

d. Long korner.

e. Lemparan sudut.

f. Shoot corner.






C. Pemain

Setiap tim terdiri dari 12 pemain, namun hanya 7 pemain yang ada di lapangan termasuk seorang penjaga gawang. Selebihnya adalah pemain pengganti selama permainan berlangsung. Mereka masuk dan meninggalkan lapangan permainan dari daerah pergantian pemain.

Berikut adalah posisi dari masing-masing pemain:

1. Attacking Positions

2. Defending positions.

3. LW - Left Wing OD - Outside defender

4. LB - Left Back HD - Half Defender

5. CB - Center Backor playmaker FD - forward Defender

6. RB - right Bacck GK - goal keeper

7. RW - right Wing

8. PV – pivot

3. BEBERAPA JENIS TEMBAKAN DALAM PERMAINAN BOLATANGAN



Adapun beberapa jenis teknik tembakan yang ada di dalam permainan bola tangan antara lain:

1. Center Shoot (tembakan tengah)

Bagi yang menggunakan tangan kiri, kaki kanan didepan, yang menggunakan tangan kanan, kaki kiri didepan. pada saat bersamaan tarik lengan di atas bahu sampai ke belakang, lengan bagian depan membentuk sudut 90 derajat dengan lengan atas, pinggang berputar ke samping bersama-sama dengan lengan lempar, tangan dibelakang bola, jari-jari tangan di bentangkan dengan luwes, langkah ketiga dan terakhir saat ke depan harus lebar dan kuat, kaki menghadap ke arah gawang, tangan di belakang bola, namunbola jangan di tekan keras, ketika kaki yang lain meninggalkan lantai, lengan yang digunakan untuk melempar setinggi telinga.



2. Center Shoot When Running (tembakan tengah dengan berlari)



Bola dipegang dengan kedua tangan, Kaki kanan berada di udara ketika menangkap.Bagi yang menggunakan tangan kanan: kaki kiri di depan, yang menggunakan tangan kiri: kaki kanan di depan, Pada langkah terakhir bola di bawa setinggi bahu. Langkah terakhir :lebar dan kuat, lengan ditarik kebelakang kemudian segera lepaskan ke depan dengan kuat


3. Center Shoot Hip Height (tembakan pinggang)



Bola dipegang dengan kedua tangan, Kaki kanan berada di udara ketika menangkap bola. Bagi yang menggunakan tangan kanan: kaki kiri di depan, yang tangan kiri: kaki kanan di depan. Pada langkah terakhir bola dibawa setinggi bahu,Langkah terakhir : lebar dan kuat, Lengan ditarik ke belakang kemudian segera lepaskan ke depan dengan kuat.



4. Flying shoot (tembakan melayang)



Selama lari ke depan, bawa bola setinggi bahu, Langkah ketiga kuat dan lebar di udara, pinggang sebaiknya ditarik kebelakang bersamaan dengan lengan lempar, Tarik kedua kaki ke atas secara horizontal, Pinggang tarik ke belakang Lengan mengikuti gerakan ke depan dengan kuat, Mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan pemain dengan tangan kanan: meloncat dengan kaki kiri pemain dengan tangan kiri : meloncat dengan kaki kanan.







5. Flaying Shoot When Running (tembakan melayang dengan berlari)


Selama lari ke depan, bawa bola setinggi bahu pada langkah ketiga kuat dan lebar di udara, pinggang sebaiknya ditarik ke belakang bersamaan dengan lengan lempar tarik kedua kaki ke atas secara horizontal. Pinggang tarik ke belakang lengan mengikuti gerakan ke depan dengan kuat Mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan ,pemain dengan tangan kanan: meloncat dengan kaki kiri, pemain dengan tangan kiri : meloncat dengan kaki kanan.


6. Dive Shoot (tembakan berbalik)


Posisi awal tembakan ini ialah membelakangi gawang, Loncat tumpuan dengan satu atau dua tangan, Bengkokkan badan ke depan dengan pergelangan kaki, lutut dan dua pinggang, dan pandangan ke gawang, Setelah melakukan tembakan, kedua lengan menyentuh lantai secara langsung, Kedua kaki harus membentuk sudut 90 derajat, Gelincirkan badan saat dada menyentuh lantai. Dada, perut, dan kaki depan menggelincir ke lantai sambil kedua tangan mendorong badan ke atas menjauhi lantai.

Friday 19 October 2012

upaya pembelajaran pembinaan penjas bagi anak cacat tuna grahita



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang
Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan tersebut maka setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Seperti tertuang dalam UU No. 2 tahun 1989 pasal 5 bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Dengan demikian orang-orang yang menderita cacat atau kelainan juga mendapatkan perlindungan hak. Seperti tertuang pada pasal 8 ayat (1) UU No. 2 tahun 1989 disebutkan bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik dan atau mental berhak memperoleh Pendidikan Luar Biasa (PLB).Namun dalam kenyataan prosentase anak cacat yang mendapatkan layanan pendidikan jumlahnya amat sedikit. Serta pasal 5 ayat (2) juga disebutkan bahwa “Setiap warga yang memiliki kelainan fisik, mental, sosial, intelektual dan atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus”.Dengan kata lain perkembangan manusia ada yang wajar atau normal dan ada pula yang perkembangannya terganggu (abnormal) yang akan berpengaruh terhadap mental dan jasmani. Sehingga dalam permasalahan pendidikan, tidak ada perbedaan antara anak yang normal perkembangan jasmani dan rohaninya, dengan anak yang mengalami kecacatan fisik, seperti anak yang mengalami kelemahan mental atau sering disebut Tunagrahita. Hal ini dikarenakan masih adanya hambatan pada pola pikir masyarakat kita yang mengabaikan potensi anak cacat. Pada umumnya masyarakat memandang kecacatan (disability) sebagai penghalang (handicap) untuk berbuat sesuatu. Telah banyak bukti bahwa orang cacat mampu melakukan sesuatu dengan berhasil. Pada hakikatnya kecacatan seseorang bukanlah merupakan penghalang untuk melakukan sesuatu.
Anak tunagrahita adalah anak yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan intelegensi, terutama yang bersifat abstrak seperti belajar dan berhitung, menulis dan membaca. Kemampuan belajarnya cenderung tanpa pengertian atau cenderung belajar dengan membeo. Disamping memiliki keterbatasan intelegensi, anak tunagrahita juga memiliki kesulitan dalam mengurus diri sendiri dalam masyarakat. Selain itu, juga memiliki keterbatasan dalam penguasaan bahasa. Oleh karena itu berdasarkan UU diatas setiap orang berhak atas pendidikan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang diatas maka dalam hal ini penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Bagaimana cara menangani anak tuna grahita?
2.  Upaya apa saja yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan pembinaan penjas atau olahraga bagi anak tuna grahita?
1.3.   Tujuan atau Manfaat
2.      Tujuan
a.       Untuk mengetahui upaya pembelajaran pembinaan penjas bagi anak cacat tuna grahita
b.      Untuk mengetahui tingkat kesulitan pembelajaran penjas atau olahraga bagi penyandang cacat tuna grahita
c.       Untuk mengetahui cara pemberian pembelajaran bagi penyandang cacat tuna grahita.
3.      Manfaat
a.       Menjadi sebuah masukan pengetahuan bagi kami yang sedang belajar di jurusan penjaskes.
b.      Sebagia masukan yang penting khususnya bagi penulis sendiri dan bagi khalayak umum.


BAB II
KAJIAN TEORI

2.1.   Pembinaan Olahraga
Pembinaan olahraga atau penjas telah diatur dalam UU No 3 tentang Keolahragaan Nasional dalam pasal 1ayat 8 yaitu : pembinaan olahraga adalah orang yang memiliki minat dan pengetahuan, kepemimpinan, kemampuan manajerial dan pendanaan yang didedikasikan untuk pembinaan dan pengembangan olahraga. Dari hal tersebut bahwa pembinaan oleh seorang guru bagi anak harus benar-benar didedikasikan sepenuhnya bagi perkembangan si anak, tak terkecuali dengan ALB.
Perbedaaan penanganan pembinaan anak yang normal dan yang ALB sangatlah berbeda dalam pemberian materi maupun pembelajaran olahraga. Misalkan bagi anak tuna grahita dalam pemberian pembinaan pembelajaran penjas atau olahraga perlu kesabaran yang tinggi dan perlu penanganan secara terpadu serta adanya sutu pendekatan.
2.   2.2. Anak Cacat Tuna Grahita
Keterbelakangan mental yang biasa dikenal dengan anak tuna grahita biasa dihubungkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Tunagrahita memiliki arti menjelaskan kondisi anak yang kecerdasannya jauh dibawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan intelegensi dan ketidak cakapan dalam interaksi sosial. Anak tunagrahita atau dikenal juga dengan istilah keterbelakangan mental karena keterbatasan kecerdasannya mengakibatkan dirinya sukar untuk mengikuti program pendidikan di sekolah biasa secara klasikal, oleh karena itu anak keterbelakangan mental membutuhkan layanan pendidikan secara khusus yakni disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Tingkat kecerdasan secara umum bagi anak tuna grahita biasanya diukur lewat tes Intelegensi yang hasilnya disebut dengan IQ.


RPP PENJAS SD KLS 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Sekolah                       :   SD / MI .................................................................
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester          :   1 / I
Standar Kompetensi   :   1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
                                                sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang
                                                terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       :   1.1.  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat
                                                dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
                                                kejujuran, toleransi dan percaya diri.
Indikator                     :           Gerak dasar berjalan
-          berjalan ke depan dengan langkah pendek
-          berjalan dengan langkah panjang          
-          lomba balap sendok
Gerak dasar lari
-          lari ke depan
-          lari ke belakang
-          bermain kejar – kejaran.
Gerak dasar lompat dan loncat.
-          melompat ke depan
-          loncat – loncat
-          lompat ke samping dan berputar
-          lompat ke samping
-          lomba melompat
                                                dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan
                                                gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu            :           9  x 35 menit  (  x pertemuan  )

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat berjalan berbagai variasi yang dikemas dalam bentuk permainan atau modufikasi.

B.     Materi Pembelajaran
-           berjalan
-          Berlari
-          melompat
  1. Metode Pembelajaran
-          ceramah
-          demontrasi
-          penugasan
-          latihan
-          tanya jawab
D.    Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1.      Pertemuan  pertama
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti ;
Gerak dasar berjalan
-          berjalan ke depan dengan langkah pendek
-          berjalan dengan langkah panjang          
-          lomba balap sendok
Penutup
-          Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
2.       Pertemuan  ke dua
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan mencari pasangan.
Inti :
Gerak dasar lari
-          lari ke depan
-          lari ke belakang
-          bermain kejar – kejaran.
Penutup.
-          pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar         
3.      Pertemuan  ke tiga
Pendahuluan
-          Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti
Gerak dasar lompat dan loncat.
-          melompat ke depan
-          loncat – loncat
-          lompat ke samping dan berputar
-          lompat ke samping
-          lomba melompat
Penutup
-          Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
-          Buku KTSP Penjasorkes kls. 1 oleh tim Abdi Guru Penerbit Erlangga halaman  2, 3, 4, 5, 6,7,8,9,10

E.     Penilaian
1.       Teknik Penilaian
                 Tes unjuk kerja :
-          berjalan
-          berlari
-          melompat                      
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun kelompok atau beregu.
2.       Rublik Penilaian


RUBLIK PENILAIAN
                              UNJUK KERJA GERAK DASAR
no
                     Aspek yang dinilai
          Kualitas  Gerak
     1
    2
    3
     4
 1
Berjalan




 2
Berlari




 3
Melompat











                         Jumlah


                       Mengetahui                                                  Guru Penjasorkes
                     Kepala Sekolah



               -----------------------------                                         ------------------------------
                    Nip.                                                                  Nip.

Uji kompetensi halaman 15, 16